Jumat, 17 September 2010

Jenis Produk keramik

·      Earthenware dibakar pada suhu sekitar 1000-1100oC, kadang lebih rendah dari 1000oC  atau lebih tinggi dari 1100oC tetapi jarang diatas 1250oC. Karena dibakar pada suhu rendah maka glasir yang digunakan biasanya timbal, borax dan sering didekorasi dengan warna-warna terang. Secara fisik bahan earthenware bervariasi antara barang satu dengan lainnya, kadang halus kadang kasar, bisa merah, coklat, pink, krem atau putih. Karena dibakar pada suhu menengah sampai rendah maka dibandingkan dengan bahan lainnya, bahan eathenware bersifat lunak,  secara mekanik lemah dan porositas tinggi, biasanya lebih dari 10%. Karena alasan ini barang dibuat tebal.
·      Stoneware dibakar pada suhu sekitar 1250-1350oC dan kebanyakan pada suhu 1250-1300oC. Karena suhu tinggi maka diglasir dengan  glasir kapur-felspar. Sama halnya dengan earthenware, stoneware juga berbeda antara barang yang satu dengan lainnya dari warna dan tekstur, tetapi karena suhu bakar tinggi bahan stoneware lebih keras, secara mekanik lebih kuat dan kurang porous dibandingkan dengan earthenware, biasanya antara 2-5%.
Porselin dibakar pada suhu bakar stoneware tetapi perbedaan yang signifikan terletak pada warna bahan yang putih bersih atau putih gading dan mempunyai sifat translusen karena pada suhu bakar tersebut bahan mengalami vitrifikasi penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar